Apa itu freelancer? Mengenal pengertian freelance dan pekerjaan freelance terpopuler
Uncategorized

Apa itu freelancer? Mengenal pengertian freelance dan pekerjaan freelance terpopuler

by GoWork Team

Sebagai sebuah perusahaan yang menyediakan ruang untuk berkolaborasi, area-area coworking (kami menyebutnya flexible desk) menjadi salah satu tempat favorit bekerja bagi pengunjung di GoWork. Area ini sering digunakan oleh orang-orang dengan berbagai latar pekerjaan atau profesi. Salah satu profesi yang paling sering memanfaatkan flexi desk ini kebanyakan adalah freelancer, apakah kamu familiar dengan istilah ini?

Freelance adalah sebutan untuk orang-orang yang berstatus kerja, namun tidak terikat untuk dimana mereka bekerja dan waktu yang diperlukan untuk mengerjakan sebuah pekerjaan. Flexible Worker, mungkin itu sebutan yang paling erat dengan para freelancer ini.

Tips untuk freelancer

Kalau Anda tertarik menjadi freelancer, beberapa hal ini mungkin harus diperhatikan agar karir freelancer Anda lebih lancar.

  • Memiliki Portfolio: Pekerjaan-pekerjaan yang umumnya dikerjakan oleh freelancer adalah pekerjaan spesialis, seperti UI/UX designer, copywriter, atau desainer grafis. Oleh karena itu, hasil kerja dari proyek-proyek yang telah dikerjakan sebaiknya dikumpulkan dalam portfolio Anda.
  • Mampu mengatur waktu: Karena jam kerja yang fleksibel, seorang freelancer harus bisa mengatur waktu kerja untuk menyelesaikan proyek klien Anda, terutama jika Anda umumnya mengerjakan lebih dari 1 proyek.
  • Perangkat yang sesuai: Selain peralatan dasar seperti laptop/PC dan smartphone, seorang freelancer harus memiliki akses ke alat-alat lain, terutama software yang diperlukan keahliannya. Umumnya, perangkat-perangkat seperti ini disediakan oleh kantor atau perusahaan, namun, seorang freelancer harus bisa mencari sendiri akses ke perangkat-perangkat ini.
  • Selalu terhubung: Karena sifat pekerjaannya yang cenderung remote dan bermobilitas tinggi, seorang freelancer harus selalu terhubung ke internet. Selain untuk mendapatkan resource, freelancer harus selalu bisa dihubungi oleh klien, terutama di proyek-proyek yang dinamis.
  • Memiliki network: Jika seorang seorang freelancer dapat menjaga hubungan dan kontak dengan klien-klien sebelumnya, kemungkinan besar mereka akan mendapatkan repeat order dari klien tersebut. Selain itu, freelancer lain juga mungkin memerlukan tandem untuk proyek skala besar.

Pekerjaan-pekerjaan freelancer terpopuler

Seperti yang sudah disebut diatas, pekerjaan-pekerjaan freelancer umumnya adalah pekerjaan specialist yang memerlukan skill tertentu. Berikut adalah beberapa pekerjaan freelance yang paling banyak dicari, menurut Glints.

  1. Penulis: Selain jurnalisme, seorang freelancer dengan keahlian menulis juga dapat di-hire sebagai copywriter atau content writer. Umumnya, pekerjaan freelance ini berhubungan dengan content marketing, yang berarti proyek pekerjaannya biasanya berbentuk penulisan blog, newsletter, atau copy untuk poster, online ads, dan lain-lain.
  2. Editor: selain menulis langsung, Anda juga mungkin dapat di-hire sebagai editor, memastikan semua produk copy dan tulisan yang akan dipublikasi sudah sesuai dengan EYD, grammar, atau pedoman brand klien Anda.
  3. Fotografer dan Videografer: umumnya, brand-brand memerlukan jasa para freelancer yang ahli menggunakan kamera untuk kreasi konten multimedia brand mereka, seperti iklan atau foto produk. Selain itu, fotografer dan videografer freelance juga sering di-hire untuk dokumentasi acara.
  4. Web Developer: sebagai salah satu pekerjaan freelance dengan bayaran tertinggi, permintaan untuk web developer di pasar pekerjaan freelancer kini sama tingginya dengan tingkat kemahiran yang diperlukan. Selain kemampuan menggunakan bahasa programming seperti JavaScript, Python, dan CSS, seorang web developer umumnya harus menguasai kemampuan testing, debugging, dan UI/UX.
  5. Desainer grafis: Kembali ke ranah kreatif, desainer grafis freelance merupakan salah satu pekerjaan freelance yang paling dicari. Dengan terus berkembangnya marketing melalui media digital, permintaan untuk materi visual semakin tinggi. Selain kemampuan menggunakan software seperti Adobe Illustrator, desainer grafis harus dapat men-transformasi ide klien menjadi produk visual yang sesuai dengan brief.
  6. Translator dan Interpreter: Bukan hanya perusahaan internasional yang kini memerlukan jasa translator dan interpreter. Kini, bahkan bisnis skala kecil umumnya memerlukan jasa mereka, karena imej brand mereka.

Ruang Kerja yang tepat untuk Para Freelancer

Freelancer kadang juga dikenal sebagai “Digital Nomad”, yang berarti mereka tidak terikat di satu lokasi di hari kerjanya. Walaupun bekerja di rumah ataupun di lokasi-lokasi seperti kafe dan perpustakaan bisa menjadi pilihan ruang kerja untuk para freelancer, coworking provider seperti GoWork bisa menyediakan ruang kerja plug-and-play yang dilengkapi semua yang diperlukan oleh seorang freelancer.

Seperti yang disebutkan di atas, produk flexible desk GoWork merupakan area kerja yang dapat disewa secara harian, mingguan, atau bahkan bulanan. Tanpa kontrak dan komitmen jangka-panjang, Anda dapat menikmati salah satu dari 20+ lokasi strategis GoWork di penjuru Indonesia.