Kegiatan Konstruktif Saat Commuting
commute

Kegiatan Konstruktif Saat Commuting

by GoWork Team

Perjalanan menuju dan dari tempat kerja tentu bisa menimbulkan kebosanan. Terutama bagi Anda yang menempuh jarak yang cukup jauh dengan menaiki transportasi umum.  Terlebih lagi untuk Anda yang hidup di kota besar penuh kemacetan saat rush hour. Kegiatan commuting yang dilakukan hampir setiap hari otomatis akan terasa lebih melelahkan dan menghabiskan energi. 

Penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Preventive Medicine, orang dengan intensitas commuting yang tinggi cenderung memiliki tekanan darah yang tinggi dan memiliki berat badan yang tidak ideal dibandingkan dengan mereka dengan tempat kerja yang lebih dekat dari rumah. Hal ini berarti waktu yang Anda habiskan untuk perjalanan memiliki efek negatif langsung ke tubuh Anda. 

Akan tetapi, kegiatan commuting ini bisa Anda gunakan untuk melakukan hal-hal produktif yang bisa mengasah kemampuan dalam banyak hal. Selain mengurangi stres dan tekanan, Anda juga memanfaatkan waktu lebih di luar kerja ini untuk perbaikan dan pengembangan diri. Lalu, apa sajakah kegiatan yang bisa Anda lakukan itu? 

Mendengarkan Inspirasi

Ada banyak sekali pilihan bagi Anda mendapatkan inspirasi ataupun hiburan di dunia maya. Anda bisa mendengarkan podcast atau YouTube sesuai pilihan. Anda juga bisa mendengarkan musik jika memang hal tersebut dapat menghibur.

Beberapa aplikasi juga menawarkan podcast berkualitas yang gratis dan dapat didengarkan kapanpun dan di manapun. Setelah mendengarkan podcast yang disukai atau mendengarkan musik, niscaya mood saat tiba di kantor pun akan membaik. Pekerjaan yang akan dilakukan pun bisa lebih produktif. 

Mengecek Berita dan Email

Saat perjalanan di kendaraan umum, Anda bisa mengecek berita di internet. Selain untuk membuat lebih up-to-date, membaca berita juga akan menambah pengetahuan. Anda juga bisa mengecek email dan menghapus beberapa email yang menumpuk.

jadwal harian

Menyusun To-Do-List

Pagi hari sebelum tiba di kantor, Anda bisa menyusun to-do-list, atau daftar aktivitas apa saja yang ingin dilakukan hari ini maupun besok. Menyusun daftar aktivitas di pagi hari terbukti lebih efektif karena Anda masih dalam keadaan tenang dan pikiran belum dipenuhi oleh banyak hal. Daftar ini juga bisa menghemat waktu, serta membuat waktu Anda nantinya tidak terbuang percuma untuk melakukan hal-hal yang tidak perlu.

Berangkat Lebih Awal 

Penumpang di kendaraan umum, entah itu bus atau commuter, pada umumnya terlihat terburu-buru karena dikejar waktu. Apalagi jika mereka sedang terlambat atau berangkat di waktu yang mepet. Maka dari itu, sebelum commuting, Anda bisa berangkat lebih awal sehingga tidak stres di perjalanan. Selain itu, berangkat lebih awal memungkinkan Anda untuk berhenti membeli camilan atau kopi di jalan. Aktivitas commuting malah bisa menjadi sarana penghilang stres dan membuat tubuh lebih rileks sebelum memulai aktivitas lainnya.

busway Jakarta

Belajar Hal Baru

Dewasa ini, banyak sekali aplikasi yang menawarkan kelas-kelas online universitas ternama di dunia, gratis tanpa dipungut biaya apapun. Anda bisa memperluas wawasan di bidang tertentu dengan memanfaatkan waktu luang saat commuting. Selain itu, ada banyak aplikasi belajar bahasa asing yang interaktif dan menarik. Mempelajari bahasa asing terbukti dapat meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat sesuatu. 

Refleksi Diri

Selain memanfaatkan waktu untuk melakukan aktivitas di atas, Anda juga bisa merilekskan diri dan melamun sejenak untuk merenungkan tujuan hidup Anda. Kegiatan ini mungkin terlihat simple, tetapi sebenarnya cukup efektif agar Anda bisa menentukan apa saja tujuan hidup yang sudah dicapai maupun yang ingin dicapai di masa depan. Anda juga bisa mencatatnya di notes smartphone untuk kemudian dibaca di kemudian hari.

Anda dapat memilih beberapa poin di atas untuk dilakukan saat sedang commuting agar waktu yang dimiliki tidak terbuang sia-sia. Jangan jadikan waktu perjalanan ke kantor maupun pulang ke rumah menjadi beban. Nikmati waktu tersebut dan gunakan sebaik mungkin untuk meningkatkan kualitas diri Anda. 

Untungnya, ruang kerja dan coworking space GoWork bertempat di lokasi-lokasi yang nyaman dan strategis. Faktanya, ada 12 hub GoWork dalam jarak 5 menit dari stasiun-stasiun MRT Line Jakarta. Selain itu, GoWork selalu memastikan akses langsung ke jalan-jalan utama di kota, dan opsi akses ke mode transportasi publik lainnya.

Temukan ruang kerja bebas stres untuk tim Anda!