Panduan Menjaga Kerjasama Dan Produktivitas Teamwork
Kerja Lebih Dekat remote team Team management

Panduan Menjaga Kerjasama Dan Produktivitas Teamwork

by GoWork Team

Kondisi memang tidak memungkinkan kita untuk bertatap muka secara langsung, bagaimanapun, interaksi sosial adalah salah satu naluri alami manusia yang sejak dulu ada. Keinginan untuk bertemu, berjabat tangan, tertawa, atau aktivitas sosial lain yang melibatkan fisik merupakan bagian dari Kerjasama dan Teamwork.

Bekerja sama dengan teman atau kelompok, apalagi dalam lingkup pekerjaan, tentu sangat menyenangkan. Tidak bisa dipungkiri juga kadang menyelesaikan pekerjaan secara bersama-sama terasa lebih ringan, tanpa ada distraksi-distraksi yang mungkin timbul karena kita sama-sama bisa saling mengawasi satu sama lain.

Baca Juga:

Namun, kembali, kondisi tidak memungkinkan dan kita harus terbiasa dengan itu. Melakukan koordinasi bersama rekan satu tim via daring menjadi sebuah kebiasaan yang lebih dari setahun ini sudah kita jalankan. Beberapa ada yang mudah beradaptasi dengan mudah, sisanya masih harus berkeluh kesah, tentu karena mereka memiliki kesulitan-kesulitan tersendiri, seperti:

  • Sulitnya Memastikan Komunikasi terdengar jelas, akibat keterbatasan perangkat/hardware yang digunakan
  • Gangguan Jaringan karena keragaman penyedia jaringan internet dengan pelayananan yang bervariatif pula.
  • Kondisi lingkungan sekitar yang tidak memungkinkan teredam dari “polusi” suara yang tidak terduga, mengalihkan konsentrasi saat melakukan meeting online.
  • Atau masalah lainnya yang tidak terduga, seperti mati listrik, hingga force majeure diluar kuasa manusia.

Panduan Menjaga Kerjasama Team Yang Efektif Untuk Mereka Yang Kerja Secara Remote

Bekerja dalam bentuk tim dalam sebuah lokasi atau ruang kantor akan lebih efektif daripada bekerja sendiri-sendiri secara terpisah, karena kita bisa saling mengingatkan untuk point-point atau beban kerja yang dibahas saat di ruang meeting pagi tadi.

Baca Juga:

Jika kondisinya tidak memungkinkan seperti saat ini, maka perlu dilakukan langkah strategis dalam menjaga kerjasama team yang efektif, terutama bagi bisnis yang menyelenggarakan sistem kerja remote working atau flexible locations. Diharapkan dengan panduan ini, terjalin kerjasama yang baik dalam sebuah tim, dengan demikian akan menghasilkan kesuksesan bagi bisnis. Berikut adalah panduannya

Alokasikan waktu kerja dalam bentuk satuan waktu kerja

Alokasikan waktu kerja dalam bentuk satuan waktu kerja

Memiliki kesepakatan dalam hal menyelesaikan sebuah pekerjaan dalam sebuah tim sudah terbukti efektif. Terlebih jika disepakati satuan waktu kerja. Sebagai contoh, untuk menyelesaikan satu buah pekerjaan tersebut disepakati untuk selesai dalam waktu 30 menit.

Maka sebisa mungkin, dalam kurun waktu 30 menit tim anda fokus terhadap pekerjaan itu, karena jika tidak selesai, akan mempengaruhi pekerjaan-pekerjaan lain yang sudah dialokasikan. Hal ini juga bisa mengurangi time-blocking yang menjadi kendala terbesar saat bekerja secara remote.

Konsisten dengan menjauhkan berbagai bentuk interupsi

Konsisten dengan menjauhkan berbagai bentuk interupsi

Interupsi bisa datang dalam berbagai bentuk, salah satu bentuk interupsi yang sulitu untuk dihadapi adalah adanya penambahan pekerjaan tanpa mempertimbangkan alokasi waktu yang sudah disebutkan diatas, biasanya hal ini berkaitan dengan tim produksi.

Maka dibutuhkan konsistensi dan ketegasan dari pimpinan tim, saat pekerjaan “mendadak” itu datang, pimpinan tim perlu mengambil langkah tegas atau melakukan negosiasi kepada anggota tim yang menjadi pelaksana dari pekerjaan tersebut. Itulah sebabnya mengkomunikasikan segala sesuatu menjadi jawaban utama terkait pertanyaan tentang pentingnya team work dalam organisasi atau perusahaan.

Membangun Komunikasi Yang Jelas

Membangun Komunikasi Yang Jelas

Membangun komunikasi dan kerjasama tim antara pegawai dan manajer dapat meningkatkan percepatan penyelesaian suatu pekerjaan atau pengambilan keputusan. Karena setiap anggota diajak untuk berkomunikasi satu sama lain terkait mencapai tujuan pekerjaan tersebut dengan jelas.

Jika komunikasi tidak jelas, masing-masing anggota tim punya wewenang untuk mengklarifikasi kepada atasan atau manager yang bertugas. Atau melakukan koreksi jika ternyata hal tersebut mungkin atau tidak mungkin untuk dilakukan sesuai dengan instruksi yang ada.

Dengan panduan tersebut, teamwork dapat menyelesaikan berbagai tugas pekerjaan yang dibebankan tanpa terlalu banyak menghabiskan waktu. Efisiensi waktu menjadi lebih mudah karena semua di kerjakan secara bersama-sama dengan mematuhi berbagai batasan atau instruksi yang jelas.

Komunikasi, efikasi, dan produktivitas tim sangat dipengaruhi oleh ruang dan lingkungan kerja. Oleh karena itu, penting untuk anda menemukan ruang kerja yang tepat untuk tim Anda. Mulai dari tata ruang, lokasi lounge dan pantry, hingga perlengkapan seperti internet cepat dan ruang server, semuanya dapat diatur sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda di solusi ruang kerja fleksibel GoWork.

Tim kami dapat membantu Anda menemukan lokasi, ukuran, dan perlengkapan yang tepat untuk ruang kantor Anda. Yang Anda perlu lakukan hanya mengisi form dibawah, dan tim kami akan segera menghubungi Anda.