7 tips memilih coworking space untuk startup di Surabaya
coworking rental office Sewa Kantor Surabaya

7 tips memilih coworking space untuk startup di Surabaya

by GoWork Team

Dunia pekerjaan kini berkembang semakin cepat, dan banyak karyawan serta startup yang mengambil keuntungan dari bekerja secara fleksibel ataupun hybrid. Salah satu cara bekerja yang semakin populer adalah dengan bergabung dengan coworking space. Coworking space tidak hanya populer di Jakarta saja, kini kota-kota besar lain seperti Surabaya dan Medan juga punya banyak coworking space yang tak kalah modern. 

Untuk kalian yang masih belum familiar, coworking space adalah ruang kerja bersama yang dilengkapi fasilitas kantor seperti meja kerja, kursi, Wi-Fi, hingga printer dan phone booth. Fasilitas ini dapat digunakan bersama dengan pekerja atau perusahaan lain yang juga menyewa coworking tersebut. Di coworking space, biasanya air minum, teh dan kopi sudah gratis, sehingga kalian tidak perlu repot membeli lagi di luar. 

Di kota Surabaya, coworking space menjadi semakin populer. Namun, untuk memilih tempat coworking space yang cocok untuk startup kamu, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.

Pantry dan area lounge kini adalah fasilitas wajib di coworking space untuk kantor modern yang digemari banyak perusahaan

Lokasi

Lokasi coworking space menjadi faktor penting dalam memilih tempat. Pastikan coworking space yang kamu pilih berada di lokasi yang mudah dijangkau oleh seluruh anggota tim. Lokasi yang terdekat dengan pusat kota Surabaya bisa menjadi pilihan yang baik, karena bisa dijangkau dengan mudah dari berbagai titik kota.

Fasilitas

Pastikan coworking space yang kamu pilih memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai, seperti meja kerja, kursi yang ergonomis, AC, dan Wi-Fi yang stabil dan sesuai untuk kebutuhan startup-mu. Selain itu, perhatikan juga fasilitas lainnya seperti area parkir yang memadai, area lounge, pantry bersama, dan fasilitas untuk meeting dan konferensi. Semua fasilitas tersebut akan memudahkan tim kamu dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada.

Biaya

Harga coworking space di Surabaya bervariasi tergantung pada lokasi dan fasilitas yang disediakan. Pastikan kamu memilih coworking space yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan tim. Kamu tidak ingin membayar terlalu mahal untuk fitur yang tidak dibutuhkan. Biasanya, menyewa kantor di coworking space sudah termasuk biaya maintenance, listrik, air, dan internet. Jadi, pastikan juga biaya-biaya ini termasuk dalam paket yang kamu pilih.

Pastikan coworking space yang dipilih memiliki lingkungan yang produktif dan menyenangkan, serta desain yang akan mendukung kenyamanan kerja

Jam Operasional

Pastikan coworking space yang  dipilih memiliki jam operasional yang cocok dengan jadwal kerja tim. Beberapa coworking space buka selama 24 jam, sementara yang lain hanya buka pada jam-jam tertentu. Lalu, lihat juga apakah paket yang kamu pilih termasuk dengan akses 24/7 atau tidak. Biasanya coworking space akan mengikuti aturan gedung-gedung tempat mereka berada.

Suasana Kerja

Suasana kerja di coworking space juga perlu dipertimbangkan. Pastikan mereka memiliki lingkungan yang produktif dan menyenangkan. Beberapa tempat memiliki tema tertentu seperti modern, rustic, atau minimalis. Ada juga yang lebih homey dan tradisional, hingga punya kafe sendiri. Pilih yang sesuai dengan preferensi dan gaya kerja tim.

Komunitas

Salah satu keuntungan bergabung dengan coworking space adalah networking dan social benefit. Tim kamu dapat bertemu dengan orang-orang baru dan terhubung dengan anggota komunitas. Pastikan coworking space yang kamu pilih punya komunitas yang kuat dan aktif, sehingga kamu dapat terhubung dengan orang-orang yang memiliki tujuan bisnis yang sama.

Baca juga: 4 Alasan untuk Bekerja dari GoWork MNC Tower Surabaya

Keamanan

Nah, faktor ini kadang suka dilupakan banyak startup dan perusahaan. Pastikan coworking space yang kamu pilih memiliki sistem keamanan yang memadai. Ada beberapa coworking space yang memiliki sistem kunci elektronik atau kamera keamanan untuk memastikan bahwa ruang kerja aman dan terjaga.

Saatmemilih coworking space di Surabaya, kamu dapat mencari referensi dari teman atau rekan bisnis yang telah menggunakan coworking space tersebut.

Memilih coworking space yang sesuai dengan kebutuhan startup kamu adalah langkah penting untuk meningkatkan produktivitas dan kenyamanan selama bekerja. Dalam memilih coworking space di Surabaya, kamu dapat mencari referensi dari teman atau rekan bisnis yang telah menggunakan coworking space tersebut. Selain itu, kamu juga dapat melakukan riset online untuk menemukan coworking space yang cocok dengan kriteria yang diinginkan.

Setelah menemukan beberapa opsi coworking space, pastikan untuk melakukan kunjungan langsung ke tempat tersebut sebelum membuat keputusan akhir. Dengan mengunjungi langsung coworking space, kamu dapat melihat fasilitas dan lingkungan kerja yang tersedia serta bertemu dengan pengelola coworking space untuk mendapatkan informasi lebih detail.