5 Rekomendasi Aplikasi dan Tools Produktivitas untuk Kerja yang Lebih Baik
Workplace

5 Rekomendasi Aplikasi dan Tools Produktivitas untuk Kerja yang Lebih Baik

by GoWork Team

Di dunia kerja, keahlian manajemen menjadi kunci bagi pekerja untuk menyelesaikan tugas secara maksimal. Keahlian ini meliputi komunikasi, kemampuan teknis, dan manajemen waktu.

Meskipun begitu, keahlian dan skills saja tidak cukup. Alat bantu (tools) dan aplikasi yang tepat juga diperlukan untuk membantu mencapai hasil optimal. Berbagai tools produktivitas ini membantu individu maupun tim di berbagai bidang pekerjaan, terutama bagi para pemimpin dalam mengelola tugas, komunikasi tim, dan penjadwalan. Tools produktivitas ini juga bisa berfungsi sebagai platform komunikasi yang efisien antar Anda dan rekan kerja.

Berikut ini, kami rekomendasikan beberapa aplikasi terbaik untuk membantu Anda bekerja baik dari kantor maupun remote working dengan mudah.

Asana

Asana merupakan aplikasi manajemen proyek yang populer, menawarkan fitur kolaboratif, visual yang menarik, dan mudah diakses secara gratis. Versi premiumnya menyediakan fitur yang lebih lengkap untuk kebutuhan tim yang lebih kompleks.

Dengan Asana, Anda dan tim dapat merencanakan pekerjaan dengan terstruktur, sehingga setiap kemajuan dapat diukur dan dilacak dengan mudah. Berbagai fitur yang disediakan Asana, antara lain:

  • Drag-and-drop: Memudahkan Anda dalam mengatur dan memindahkan tugas dengan intuitif.
  • Board: Memberikan gambaran menyeluruh tentang proyek Anda dalam bentuk papan visual yang menarik.
  • List: Menyajikan daftar tugas yang terorganisir dengan rapi.
  • Timeline: Memvisualisasikan timeline proyek dan tenggat waktu dengan jelas.
  • Progress: Melacak kemajuan proyek secara real-time.
  • Forms: Memudahkan pembuatan formulir untuk pengumpulan data dan masukan.
  • Kalender: Menampilkan jadwal proyek Anda dalam tampilan kalender yang mudah dipahami.

Trello

Trello merupakan tools produktivitas proyek yang patut dipertimbangkan. Menawarkan antarmuka papan intuitif dengan kartu tugas yang dapat di-drag-and-drop, Trello memudahkan Anda dalam mengatur dan melacak kemajuan proyek.

Ketersediaan akses board yang beragam, mulai dari private, tim, organisasi, hingga publik, memungkinkan Anda untuk mengontrol siapa saja yang dapat melihat dan mengakses proyek Anda.

Sebagai tools produktivitas, Trello juga menyediakan fitur personalisasi untuk papan tim Anda, memungkinkan Anda untuk menyesuaikan warna dan latar belakang sesuai dengan preferensi Anda.

Mirip dengan Asana, Trello menawarkan paket premium dengan berbagai keuntungan tambahan yang dapat dibeli. Aplikasi ini tersedia untuk iOS dan Android, memungkinkan Anda untuk mengelola proyek Anda di mana pun Anda berada.

Monday

Monday.com adalah platform manajemen proyek yang cukup inovatif membantu Anda mengoptimalkan alur kerja dengan lebih mudah. Platform ini menyatukan semua file, proses, dan alat proyek Anda dalam satu ruang kerja yang terpusat.

Keunggulan utama Monday.com terletak pada kemampuan integrasinya yang luas. Anda dapat menghubungkannya dengan berbagai aplikasi populer seperti Google Docs, OneDrive, Dropbox, Slack, dan aplikasi pencatat lainnya. Integrasi ini memungkinkan Anda untuk mengakses dan mengelola semua informasi proyek Anda dengan mudah, tanpa perlu berpindah-pindah platform.

Dengan tools ini, Anda dapat:

  • Meningkatkan kolaborasi tim: Bekerja sama dengan tim Anda secara real-time dalam satu platform terpusat. Bagikan file, tugaskan tugas, dan pantau kemajuan proyek dengan mudah.
  • Meningkatkan efisiensi: Otomatiskan proses manual dan tingkatkan alur kerja Anda untuk menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas.
  • Meningkatkan visibilitas: Dapatkan gambaran menyeluruh tentang semua proyek Anda, dari awal hingga akhir. Lacak kemajuan, identifikasi potensi masalah, dan buat keputusan yang lebih tepat.

Notion

Notion merupakan platform yang mumpuni untuk meningkatkan produktivitas individu maupun tim, bahkan seluruh perusahaan. Tools yang satu ini fungsinya beragam memungkinkan pengguna untuk membuat catatan, dokumen, wiki, dan mengelola proyek dalam satu ruang kerja terpusat. Kemampuan kolaborasinya yang handal menjadikan Notion ideal untuk bekerja sama dengan rekan kerja, tim, atau seluruh anggota perusahaan secara efektif.

Notion juga dapat digunakan untuk kolaborasi, seperti:

  • Membuat papan tugas bersama untuk melacak kemajuan proyek.
  • Menyusun dokumen wiki yang dapat diakses dan diedit oleh semua anggota tim.
  • Berbagi catatan rapat dan brainstorming dengan mudah.
  • Menetapkan deadline dan notifikasi untuk tugas-tugas kolaboratif.

Clockify

Aplikasi ini bisa dibilang bekerja seperti stopwatch untuk melacak waktu yang dihabiskan dalam mengerjakan proyek atau tugas. Pengguna dapat memulai dan menjeda timer dengan mudah, sehingga setiap detik yang dihabiskan tercatat dengan rapi.

Menariknya lagi, Clockify menyajikan laporan yang merangkum tingkat produktivitas Anda. Dari laporan ini, Anda dapat melihat berapa lama waktu yang dihabiskan untuk setiap proyek, mengidentifikasi area yang perlu dioptimalkan, dan membuat keputusan yang lebih tepat untuk meningkatkan efisiensi kerja.

Clockify adalah alat/tools yang ideal untuk:

  • Melacak waktu: Catat durasi pengerjaan setiap proyek atau tugas dengan mudah.
  • Meningkatkan fokus: Hilangkan distraksi dan tingkatkan fokus dengan melacak waktu secara real-time.
  • Memahami produktivitas: Dapatkan laporan terperinci untuk melihat bagaimana Anda menggunakan waktu dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

Itulah lima tools dan aplikasi produktif yang GoWork rekomendasikan untuk Anda dan tim. Pilihlah aplikasi manajemen proyek yang paling sesuai dan cocok dengan tim Anda.

Jika diperlukan, Anda bisa mencoba versi premium yang ditawarkan untuk manajemen waktu dan produktivitas tim lebih tertata dengan rapi dan terpantau baik. 

Manajemen proyek yang baik dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas pengerjaan proyek dari tim Anda. Anda dapat menghemat waktu untuk mengerjakan hal yang jauh lebih penting.