Tata ruang kantor optimal untuk kerja lebih produktif
Entrepreneurship

Tata ruang kantor optimal untuk kerja lebih produktif

by GoWork Team

Salah satu kelebihan untuk memilih sewa private office di provider coworking space seperti GoWork adalah anda mampu menentukan sendiri tata ruang kantor yang sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembang bisnis anda.

Tata ruang kantor efisien tidak tercipta dengan sendiri, butuh perencanaan yang matang

coworking space SCBDTata ruang kantor adalah pengaturan dan penataan yang seefisien mungkin dalam meletakan perabot di ruang kerja, sehingga anda masih memiliki ruang yang cukup bagi karyawan dalam melakukan aktivitas pekerjaannya secara leluasa.

Pada dasarnya, pengaturan ruang kerja ini memang disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing bisnis dan rencana pengembangan. Sehingga pengaturan tata ruang kantor untuk masing-masing jenis usaha akan berbeda satu sama lain.

Namun dalam melakukan proses penataan ruang kerja secara optimal, ada beberapa hal yang bisa anda perhatikan.

1. Harus Mempermudah koordinasi tim

Koordinasi tim merupakan jantung komunikasi yang penting untuk dijaga dalam sebuah perusahaan. Sebuah koordinasi yang cepat dan efisien bisa membantu bisnis untuk menentukan setiap keputusan penting secara tepat.

definisi coworking space

Untuk alasan tersebut, dalam menentukan tata ruang pada kantor anda, sebaiknya bisa memperpendek jarak tempuh atau mengurangi halaangan yang bisa memperlambat jalur koordinasi antar tim hingga antar divisi.

Dalam hal ini, konsep coworking space yang diciptakan terbuka menjadi salah satu solusi dalam mempercepat koordinasi antar tim.

Untuk mempermudah koordinasi tim ini, anda bisa mulai dengan:

  • Menempatkan/mengelompokan orang berdasar divisi pekerjaan
  • Mengatur jarak yang sesuai, tidak terlalu jauh, sehingga energi untuk berpindah dari satu tempat tidak terlalu banyak.
  • Membiarkan sirkulasi berjalan dengan baik. Sirkulasi udara maupun sirkulasi cahaya

2. Setiap sudut ruangan digunakan secara efisien

Efisiensi setiap sisi ruangan penting untuk diperhatikan, agar area-area yang seharusnya digunakan secara optimal dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Efisiensi ini bisa digunakan dengan cara menempatkan benda-benda yang bisa berfungsi ganda, contoh meja kerja yang dibawahnya dapat digunakan untuk menyimpan berkas-berkas progress pekerjaan.

Dengan melakukan efisiensi ruangan, kita bisa menggunakan area tersebut untuk pengembangan bisnis kedepannya, seperti menambah karyawan atau menambah perlengkapan kantor yang dibutuhkan. Selain itu, menggunakan setiap sudut ruangan secara efisien bisa membantu:

  • Menghemat pembelian perabot yang tidak diperlukan
  • Menghemat penggunaan energi seperti energi listrik untuk pencahayaan atau pendingin ruangan
  • Menjaga konsentrasi dalam bekerja

3. Menciptakan kesan yang baik bagi siapapun

Coworking Space TangerangSebuah kantor merupakan area aktivitas yang dilakukan oleh banyak orang, baik dari karyawan didalam maupun tamu yang datang dari luar. Oleh sebab itu, penting untuk menciptakan kesan yang baik bagi siapapun.

Kesan ini bisa diciptakan dengan tidak terlalu menumpuk barang di suatu sudut, atau menjaga area kerja tetap rapih dengan memberikan spasi/ruang/jarak yang optimal bagi masing-masing pekerja.

Dengan kesan yang baik ini, bukan tidak mungkin banyak investor yang hendak berkunjung dan menanam modal dalam perusahaan.

4. Membuat siapapun merasa aman bekerja

Menjaga jarak, menata barang sesuai dengan urutan pekerjaan, dan menempatkan barang-barang di posisi yang sesuai pada setiap sisi ruangan bisa menjaga siapapun merasa aman dan nyaman bekerja.

Employee Experience

Menjaga rasa aman ini penting bagi siapapu yang bekerja, agar mereka bisa fokus dalam mengeluarkan hasil terbaiknya. Dengan begitu mereka akan puas dengan apa yang dikerjakan. Bayangkan pegawai yang puas akan pekerjaannya, tentu bisa berdampak bagi kesuksesan bisnis juga.

Dengan menciptakan tata ruang kantor yang optimal, sebuah bisnis bisa dengan mudah menciptakan suasana produktif bagi karyawannya, dan mempercepat tercapainya visi misi perusahaan agar berkembang. Jika Anda sedang mencari ruang kantor yang didesain khusus untuk memaksimalkan produktivitas, Anda dapat mengisi form dibawah. Tim kami akan segera menghubungi Anda untuk berdiskusi mengenai tata ruang, perlengkapan, dan lokasi yang tepat untuk kantor perusahaan Anda.