10 Contoh Jawaban Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview
Career Skills office wellbeing Personal Development

10 Contoh Jawaban Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview

by GoWork Team

Salah satu pertanyaan yang sering kali ditanyakan dalam wawancara kerja di perusahaan adalah: “Apa kelebihan dan kekurangan diri kamu?”

Bagi kamu yang sudah seringkali melakukan wawancara kerja, pastinya sudah berpengalaman menghadapi berbagai pertanyaan dari recruiter. Pertanyaan ini biasanya membuat banyak pelamar kerja cukup khawatir.  

Dilansir dari The Muse, pertanyaan mengenai kekurangan dan kelebihan ini bertujuan untuk mengenal lebih baik pelamar kerja. Kesannya mungkin awkward saat pertanyaan ini diutarakan, apalagi untuk bagian kekurangan, karena tidak banyak orang yang mau mengakui kekurangan mereka. Secara garis besar, recruiter ingin mengenal kamu lebih lanjut, sehingga dapat membuat keputusan dengan tepat untuk perusahan.

Nah, supaya proses wawancara berjalan dengan lancar, apa saja contoh-contoh kelebihan dan kelemahan diri yang bisa kamu jawab? GoWork sudah pilihkan 10 jawaban yang bisa kamu pilih, simak selengkapnya di bawah ini!

Salah satu kelebihan yang sering dicari oleh recruiter adalah fleksibilitas dalam bekerja

Contoh jawaban kelebihan diri

  • Dedikasi dan Komitmen

Kamu bisa menunjukkan bahwa kamu dapat diandalkan dan bertanggung jawab atas setiap pekerjaan yang diberikan sesulit apapun. Hal ini membuat kamu terlihat passionate dan tidak mudah menyerah saat ada kesulitan. 

  • Fleksibel

Biasanya kualitas ini dicari oleh startup atau bisnis yang baru mulai, karena mereka mencari orang yang bisa punya skill untuk melakukan pekerjaan yang berbeda. Ini juga berarti kamu mudah diarahkan dan tidak takut akan perubahan. 

  • Interpersonal Skill

Interpersonal skill merupakan soft skill yang sangat penting di dunia kerja dan sosial. Ini termasuk kemampuan mendengarkan dan berkomunikasi, kerja sama, hingga rasa empati pada rekan kerja. Skill ini memudahkan kamu untuk masuk ke dalam satu tim, sehingga pekerjaan dapat berjalan lancar.

  • Kreatif

Memiliki Ide kreatif dan dapat berpikir out of the box dicari oleh banyak perusahaan untuk bisa membuat inovasi baru. Dinamika zaman yang kian cepat, membuat banyak perusahaan berlomba-lomba untuk mencari sesuatu yang berbeda. Nah, menjadi seseorang yang kreatif tentunya jadi kelebihan diri!

  • Mampu bekerja di bawah tekanan

Apapun pekerjaannya, pasti ada hal-hal sulit yang akan kamu hadapi. Entah itu klien hingga masalah deadline. Mampu bekerja di bawah tekanan menunjukkan kamu adalah seseorang yang tidak mudah menyerah dan bermental kuat. Kualitas ini dicari oleh banyak perusahaan!

Mampu bekerja di bawah tekanan dan stress merupakan kelebihan yang dicari oleh banyak perusahaan

Contoh jawaban kekurangan diri

  • Pengalaman Kerja Kurang

Buat kamu yang masih fresh graduate, tidak perlu malu untuk mengakui bahwa kamu kurang pengalaman kerja. Everyone needs to start somewhere at first. Kamu juga bisa menambahkan apa saja soft skill yang kamu miliki atau mungkin sertifikat kursus, pengalaman organisasi, dll. 

  • Kurang Terorganisir

Kualitas ini dapat membuat kamu suka melakukan kesalahan dalam pekerjaan. Misalnya; mengirim email, melewatkan deadline, hingga meeting dengan klien. Jika ini adalah kekuranganmu, kamu bisa menyampaikan pada recruiter bahwa kamu mulai menggunakan task management tools yang membantu kamu lebih terorganisir. Selain itu, kamu bisa menyampaikan bahwa kamu berusaha untuk selalu mengecek dua kali pekerjaanmu sebelum diserahkan. 

  • Tidak Sabaran

Jika tidak sabaran adalah kekurangan kamu, recruiter bisa menganggap kamu selalu terburu-buru dalam pekerjaan, yang mengakibatkan kualitas pekerjaan tidak maksimal. Kamu bisa mengatakan bahwa kamu tidak sabaran karena ingin cepat menyelesaikan pekerjaan, dan move on ke pekerjaan lain. 

  • Kurang Percaya Diri

Untuk kamu yang pemalu dan cenderung tertutup, kamu bisa menyampaikan kepada recruiter bahwa kamu masih belum terbiasa berbicara di depan banyak orang. Sampaikan juga bahwa kamu sedang berusaha meningkatkan kepercayaan diri dengan bergabung di komunitas tertentu, serta banyak berlatih berbicara di depan cermin. 

  • Terlalu Individualistik

Menjadi seseorang yang lebih suka bekerja sendiri (individualistik) dapat menjadi sebuah kekurangan. Terutama saat melamar pekerjaan yang melibatkan banyak orang atau mengharuskan kamu bekerja dalam tim. Meskipun kamu mampu lebih fokus dan bekerja lebih baik saat bekerja sendiri, kamu harus memberikan strategi bagaimana kamu berusaha memberi kepercayaan terhadap orang lain untuk mengerjakan pekerjaan tersebut, serta berusaha membuka diri untuk bekerjasama dengan orang lain.

Itulah 10 jawaban terbaik yang GoWork rekomendasikan untuk menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview! Sudah tahu kamu akan menjawab apa saja? Semoga bisa membantu untuk interview kamu nantinya!