Rekomendasi Aktivitas Team Building secara Virtual
remote team

Rekomendasi Aktivitas Team Building secara Virtual

by GoWork Team

Dikarenakan banyak pekerjaan dialihkan untuk dikerjakan secara remote dari rumah masing-masing, tidak heran kalau dampaknya juga terasa pada interaksi tim. Semakin berkurangnya pertemuan secara tatap muka, keakraban serta koneksi antar anggota tim bisa jadi menurun. Apalagi jika intensitas komunikasi juga ikut berkurang selama kerja remote diberlakukan.

Tantangan terbesar bagi divisi Human Resources (HR) adalah memastikan bahwa setiap tim tetap berkomitmen dalam komunikasi dan solid secara tim. Ini bisa disiasati dengan melakukan team building secara virtual pula. Tidak lagi tatap muka secara langsung, tetapi memanfaatkan jaringan online untuk meningkatkan kohesi dalam tim yang pengaruhnya jelas besar bagi hasil pekerjaan tim itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa contoh serta rekomendasi aktivitas team building yang dapat dilakukan.

Tur rumah dan tebak kepribadian

Umumnya, obrolan di kantor jarang keluar dari topik seputar pekerjaan. Wajar kalau akhirnya antara anggota tim sendiri tidak mengenal sesama anggota lainnya secara personal. Dengan aktivitas tur rumah serta tebak personaliti ini bisa jadi cara untuk mengenal perferensi satu sama lain dengan lebih baik.

Untuk melakukan tur rumah, ada dua cara yang dapat dilakukan. Cara pertama tentu saja tur rumah penuh, sembari mengenalkan anggota keluarga lainnya yang tinggal bersama di rumah. Cara kedua adalah dengan undian dan peserta team building cukup menunjukkan area rumah yang tercantum di dalam undian tersebut.

Setelah tur rumah, kemudian dilanjutkan dengan tebak kepribadian. Untuk aktivitas yang satu ini, membutuhkan pemimpin permainan yang bisa diambil oleh oleh ketua tim. Semua anggota tim akan mengirimkan fakta-fakta menarik tentang dirinya yang tidak banyak diketahui oleh orang lain. Fakta-fakta ini kemudian akan disusun secara acak oleh ketua tim, lengkap dengan kolom kosong dimana anggota harus menebak fakta yang mana dialami oleh anggota tim yang mana.

Aktivitas ini sederhana, namun efektif untuk meningkatkan pemahaman atas perferensi antar anggota tim. Manfaatnya pada pekerjaan tentu saja banyak, terutama dalam hal komunikasi karena setiap anggota jadi tahu apa cara paling efektif untuk berinteraksi dalam konteks pekerjaan.

Baca juga: Keeping Your Team Mentally and Physically Afloat: A Guide to Workspace Wellbeing

Storyline berantai

Dalam pertemuan secara virtual, aktivitas team building yang satu ini bisa jadi sangat menyenangkan untuk dilakukan. Sekaligus juga memicu tim untuk berpikir kreatif, komprehensif, dan terstruktur. Walau aktivitas ini dapat dibilang sangat sederhana, tetapi kenyataannya butuh konsentrasi juga saat melakukannya. Ditambah koneksi internet yang bagus.

Seperti namanya, tim yang menghadiri team building online akan membuat cerita secara berantai. Sesuai dengan giliran yang sudah disepakati, aktivitas ini dapat dimulai dengan kosakata tertentu dan harus dilanjutkan dengan kosakata terakhir dari kalimat sebelumnya. 

Selain cara tersebut, storyline berantai ini juga dapat dilakukan dengan menentukan tema setiap rondenya. Dari tema tersebut, seseorang akan memulai dengan satu kalimat dan disambung dengan kalimat lainnya dari anggota tim selanjutnya. Dengan syarat, setiap anggota tim harus menyebutkan semua kalimat yang sebelumnya diceritakan. Aturan keberhasilannya sederhana, cerita dan kalimat harus masuk akal.

Aktivitas bisa dibuat lebih seru dengan menambahkan kata yang dilarang, seperti kata “dengan” atau kata “adalah”. Ini berguna untuk melatih fokus serta konsentrasi setiap anggota tim. Termasuk melatih kemampuan menganalisa saat bermain.

Meramal masa depan

Aktivitas team building yang terakhir ini termasuk yang paling sederhana, namun efektif untuk melatih ketajaman analisa setiap anggota tim. Dalam aktivitas yang masih dipimpin oleh ketua tim ini, semua anggota tim akan diminta untuk memilih paling tidak lima judul berita atau artikel yang ada di majalah atau koran. Tentu saja konten informasi ini disediakan oleh ketua tim.

Lima judul berita yang harus dipilih tersebut adalah berita yang paling punya relevansi dengan perusahaan di masa depan. Alih-alih majalah atau koran, ketua tim juga dapat memilih laman berita online atau laman blog tertentu. 

Judul-judul artikel seperti “10 Perusahaan dengan Kantor Terbaik di Indonesia” dan sejenisnya bisa jadi contoh bagus untuk memulai permainan ini. Selain mengetahui bagaimana cara anggota tim melihat perusahaan tempatnya bekerja, dari aktivitas team building ini juga dapat diketahui gol serta ekspektasi setiap anggota tim.