Cara Mengurangi Distraksi Di Ruang Kerja
Uncategorized

Cara Mengurangi Distraksi Di Ruang Kerja

by GoWork Team

Memiliki tempat kerja yang nyaman terbukti dapat meningkatkan produktivitas saat bekerja. Scoro, sebuah perusahaan manajemen data, menemukan bahwa dalam satu hari kerja, kita hanya produktif pada 60% dari total waktu bekerja kita. Sisanya? membaca berita harian, mengobrol dengan rekan kerja, atau menghabiskan waktu di meeting-meeting yang tidak efisien.

Namun, sebagai manusia, ini bukan salah kita atau anggota tim kita yang lain. Distraksi merupakan bagian natural dari psikologi manusia, terutama saat kita sedang terpojok dengan jumlah pekerjaan yang terlihat seperti tidak ada akhirnya. Tidak ada salahnya sedikit obrolan atau bermain game pendek selama 10 menit setelah bekerja secara intens selama 50 menit. 

Tapi terkadang, terlalu banyak distraksi juga bisa berakibat penundaan kerja yang tiada ujungnya.

Oleh karena itu, membuat diri tetap fokus pada pekerjaan bisa membantu pekerjaanmu cepat selesai. Akan tetapi, ada beberapa distraksi yang sering terjadi meskipun sedang bekerja di tempat yang nyaman sekali pun saat di kantor. Apa saja distraksi yang sering terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?

Artikel kali ini mengulas tentang beberapa cara menghilangkan distraksi agar kamu bisa jadi lebih produktif saat bekerja di kantor. 

Membersihkan tempat kerja

Kondisi tempat kerja yang bersih dan rapi mampu meningkatkan produktivitasmu dalam bekerja. Dengan segala perlengkapan bekerja yang telah disusun dan di tata rapi, kamu tidak perlu kesusahan mencari-cari barang-barang saat dibutuhkan. Hasilnya, waktu kamu tidak akan terbuang sia-sia hanya untuk mencari barang tersebut.

Selain itu, menjaga tempat kerja agar tetap bersih dari kotoran juga bisa menambah kondisi tempat kerjamu semakin nyaman. Bayangkan saja, jika tempat kerjamu sangat kotor dan banyak sampah berserakan di mana-mana, sungguh sangat tidak nyaman untuk ditempati. Lebih lagi, tempat kerja yang kotor juga mengundang tikus, lalat, hingga kecoak. Bahkan, kamu juga bisa gatal-gatal karena tempat kerjamu dipenuhi nyamuk.

Memilih spot yang sepi dan bebas gangguan

Suasana kantor yang ramai juga menjadi distraksi yang besar saat bekerja. Oleh karena itu, memilih spot kerja yang sepi dan bebas gangguan dari orang lain sangat penting untuk menjaga produktivitas kamu. Kamu bisa memilih tempat yang agak sepi di setiap sudut-sudut kantor agar kamu bisa fokus dan memberikan perhatian lebih pada pekerjaan kamu. Pilihlah tempat kerja yang berada jauh dari sumber distraksi. Hal tersebut terbukti ampuh membuatmu fokus saat bekerja. 

Memutar musik menggunakan earphone

Jika kamu adalah tipikal orang yang bisa fokus dan konsentrasi dalam bekerja dengan mendengarkan musik, kamu bisa menggunakan earphone saat bekerja. Pilihlah lagu yang bisa membangkitkan semangat kerjamu sehingga produktivitas dan mood kamu tetap terjaga.

Selain itu, menggunakan earphone saat bekerja juga bisa membuatmu terhindar dari distraksi orang-orang yang berisik di kantor kamu. Tidak hanya itu, menggunakan earphone juga perlu berhati-hati. Jangan menggunakan earphone dengan menggunakan volume yang sangat tinggi. Selain merusak pendengaranmu, kamu juga tidak bisa mendengarkan instruksi dari rekan kerjamu saat mengajakmu berbicara hal-hal penting seputar pekerjaan.

Stop penggunaan smartphone terlalu lama saat bekerja

Banyak orang-orang yang jadwal kerjanya terganggu karena keasyikan mengakses media sosial di smartphone mereka. Hal tersebut adalah distraksi yang sering ditemui sehari-hari. Bahkan tidak hanya dalam kondisi bekerja, smartphone juga sangat mengganggu saat digunakan terlalu sering.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu perlu memberlakukan pembatasan penggunaan smartphone saat bekerja. Hal tersebut sangat ampuh agar kamu tidak keranjingan menatap layar smartphone hingga lupa waktu dan lupa mengerjakan tugas harianmu. Kamu tidak perlu mematikan layar smartphone kamu, sebab bisa jadi ada informasi penting mengenai pekerjaan kamu yang diinstruksikan lewat chat di smartphone kamu.

Meminta orang lain agar tidak mengganggu

Jika berada dalam kondisi yang sangat tidak memungkinkan untuk bekerja dengan tenang, kamu bisa meminta orang lain yang ada di kantor kamu untuk tidak mengganggumu saat bekerja. Apalagi jika rekan kerja di kantormu sedang berisik-berisiknya, tidak ada salahnya memint dengan baik-baik untuk meminta mereka untuk mengecilkan  suara mereka agar tidak ramai dan mengganggu.

Kalau Anda sedang mencari ruang kerja yang minim distraksi dan bisa menginspirasi dan meningkatkan produktivitas, solusi kantor fleksibel GoWork adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Dengan lebih dari 20+ lokasi di seluruh Indonesia, ruang kerja GoWork sangat mudah diakses, dan didesain khusus untuk menyediakan ruang untuk berbagai cara kerja pilihan Anda.