Mengelola Tingkat Stres Melalui Meditasi Bersama Adjie Santosoputro
Instagram LIVE

Mengelola Tingkat Stres Melalui Meditasi Bersama Adjie Santosoputro

by GoWork Team

Di waktu-waktu yang penuh dengan ketidakpastian seperti masa krisis COVID-19, akses ke semua informasi yang kita perlukan sangatlah penting. Namun, kemudahan kita untuk mendapatkan semua berita, update, dan kabar yang hampir real-time juga mengekspos kita ke informasi-informasi yang dapat kita persepsikan secara negatif.

Berita yang negatif ini lalu akan membebani pikiran kita, menyebabkan rasa cemas, dan takut, yang jika terus menumpuk akan menyebabkan stres berlebihan. Belum lagi, periode social distancing merampas satu-satunya solusi keperluan kita sebagai makhluk sosial untuk untuk mengkomunikasikan pikiran kita dengan orang lain: curhat dan bercerita.

Men sana in corpore sano. Didalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Jika tubuh kita sehat namun secara mental kita letih, maka tubuh juga akan terpengaruh. Bahanyanya, ini bisa menyebabkan turunnya kemampuan sistem imun kita, padahal, kita harus memastikan dalam waktu seperti ini, tubuh kita siap membendung penyakit yang datang dari luar.

Baca Juga:

Bagaimana caranya agar kita bisa mengelola stres dan menyaring informasi-informasi yang dapat kita cerna?

Pada tanggal 26 Maret 2020, GoWork berdiskusi dengan Adjie Santosoputro, seorang mindful practitioner ternama di Indonesia mengenai pertanyaan tersebut. 

Di awal diskusi, mas Adjie menjelaskan bahwa sebagian besar energi yang kita gunakan tiap harinya digunakan untuk kerja pikiran. Karena itu, jika pikiran kita bekerja secara extra karena kecemasan dan kepanikan, maka energi yang diperlukan oleh tubuh kita untuk menjaga sistem imun terkuras. 

Dengan menyadari semua hal yang kita lakukan tiap harinya, tubuh kita akan semakin mampu menghemat energi, karena pikiran kita hanya digunakan untuk fokus ke hal-hal yang sedang kita lakukan. Karena tubuh kita bisa menghemat energi, daya tahan tubuh kita dapat bekerja extra untuk menjaga tubuh kita dari penyakit yang datang dari luar.

Mas Adjie lalu memperkenalkan para penonton dengan latihan mindfulness untuk pemula, yaitu meditasi. Hal ini dapat dilakukan dimana saja dan oleh siapapun untuk semakin sadar dengan diri, dan menghentikan pikiran kita dari kecemasan tentang kemungkinan dan masa yang akan datang.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan meditasi simpel tersebut.

  1. Temukan waktu dan tempat yang tenang untuk Anda melakukan meditasi.
  2. Duduk di posisi yang senyaman mungkin
  3. Mulai latihan beberapa menit
  4. Sadari tiap tarikan dan hembusan nafas Anda.

Dengan setiap tarikan nafas, pikiran Anda akan mulai kembali lari ke hal-hal yang telah terekspos ke Anda, namun jangan khawatir. Terus saja sadari tiap tarikan dan hembusan nafas. Hal ini dapat diulang beberapa kali selama durasi latihan, agar pikiran Anda terfokus ke masa sekarang, dengan tubuh Anda, dan bukan hal lainnya.

Baca Juga:

Namun, untuk menjaga wellbeing Anda tidak sampai disitu saja. Jika Anda dapat mengontrol kesadaran dan pikiran Anda, maka waktunya menjauhkan diri dari berita-berita yang memicu pikiran Anda untuk kembali melayap

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah Social Media DIstancing, dimana Anda menjauhi secara sadar diri Anda dari berita-berita yang dapat menyebabkan kecemasan, dan lebih menyaring informasi yang Anda konsumsi.

Ini adalah acara Instagram LIVE GoWork perdana, namun bukan yang terakhir. Selalu cek Instagram GoWork untuk acara LIVE berikutnya, dimana kami akan mengundang para ahli untuk berdiskusi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dapat membantu Anda tumbuh bersama GoWork.