Takut Public Speaking? Ini Cara Mengatasinya
Career Skills Personal Development

Takut Public Speaking? Ini Cara Mengatasinya

by GoWork Team

Public speaking adalah salah satu soft skill yang sangat dibutuhkan di dunia karir. Terutama jika kamu memiliki karir di bidang komunikasi, marketing, sales, skill public speaking ini akan menjadi tugas harianmu. 

Berbicara di depan publik memang menakutkan, tapi ada banyak cara untuk mengatasinya. Simak penjelasannya di bawah ini untuk memahami public speaking yang baik.

Public Speaking, Apakah Itu?

Public speaking artinya tindakan berbicara di depan banyak orang secara langsung untuk menyampaikan informasi, menarik perhatian, hingga membujuk audiens. Pada dasarnya ini adalah keterampilan interpersonal untuk berkomunikasi dengan sekelompok orang. Selain itu, karena ini adalah skill interpersonal, jadi hal-hal yang berkaitan dengan skill ini tidak terlalu teknis, dan tergantung dengan cara kamu berinteraksi dengan orang lain.

Skill ini penting untuk dimiliki karena hampir semua pekerjaan menuntut kamu untuk dapat bicara di depan umum. Contohnya untuk presentasi, proposal pitching, pelatihan staff, memimpin rapat, dan sebagainya. Public speaking ini penting untuk dimiliki karena mengomunikasikan sebuah ide atau informasi di depan umum dan membuat audiens paham tidaklah mudah. Apalagi jika kamu harus meyakinkan mereka untuk melakukan sesuatu. Inilah mengapa skill ini sangat dicari oleh perusahaan untuk calon karyawan. 

Ditambah lagi skill ini juga baik untuk memperluas networking dan membuat koneksi baru. Jika sudah biasa bicara di depan orang banyak, maka bicara secara personal tidak masalah bukan?

Demam Panggung dan Cara Mengatasinya

Paham banget, bicara di depan banyak orang tidaklah mudah. Secara teori sih, kamu pasti sudah menyiapkan struktur tentang apa saja yang perlu dibicarakan. Kemudian saat kamu sudah di depan tim, tiba-tiba tubuh kamu dingin dan kamu lupa apa saja yang harus kamu katakan. Apalagi saat perhatian semua orang di ruangan tertuju padamu. Bicaramu terbata-bata, tidak fokus pada topik, kamu tiba-tiba berkeringat banyak dan tanganmu bergetar terus. 

Percaya atau tidak, hal ini sangat umum terjadi pada banyak orang dewasa. Menurut sebuah riset, public speaking adalah hal yang sangat ditakuti oleh banyak orang, bahkan lebih dari kematian. Rasa takut itu wajar dan natural bagi manusia. Namun akan sangat disayangkan jika ketakutan itu menghambat kemajuan dan produktivitas. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuatmu keterampilan public speaking-mu jadi lebih baik. Paling tidak, kamu tidak terbata-bata di depan audiens. Apa saja? Simak di bawah ini.

  • Kenali Audiens

Hal pertama yang kamu harus pahami adalah mengidentifikasi dengan siapa kamu bicara. Apa profesi mereka, umur, dan data apapun yang bisa kamu kumpulkan. Dari sini kamu dapat menentukan pemilihan kata, intonasi, tipe informasi apa yang akan disampaikan, serta pesan apa saja yang akan kamu bagikan ke mereka. 

  • Latihan, latihan dan latihan

Ketrampilan ini akan sulit sekali dikuasai jika kamu tidak banyak berlatih. Persiapan mungkin sudah lengkap sekali tapi jika kamu tidak melatih kata-kata serta cara kamu berbicara, akan sulit berhasil. Apalagi jika kamu bukan orang yang sering bicara di depan khalayak. Coba berlatih di depan kaca, atau di depan teman atau rekan kerja dan minta feedback dari mereka. Lebih baik lagi, kamu mungkin bisa merekam saat kamu bicara dan amati jika ada yang perlu kamu kurangi atau tingkatkan. Semakin sering kamu berlatih, semakin terbiasa kamu public speaking.

Baca juga: Mengelola Tingkat Stres Bersama Adjie Santosoputro 

  • Penguasaan Materi

Seperti kata Albert Einstein, “If you can’t explain it simply, you don’t understand it well enough“. Jika kamu memahami materi yang kamu bicarakan, maka kamu akan semakin percaya diri menyampaikannya saat public speaking. Ditambah lagi, kamu dapat menjelaskannya secara singkat, padat, dan jelas tanpa harus terlalu sering melihat catatan. Penting juga untuk dapat menguasai audiens serta materi yang disampaikan agar tidak membosankan untuk didengarkan.

  • Watch and Learn

Kian banyaknya platform di internet membuat kamu lebih mudah untuk belajar dari mana saja. Mungkin kamu mengagumi seseorang yang pandai public speaking, maka tonton video mereka saat mereka sedang melakukan workshop atau training. Identifikasi bahasa tubuh mereka saat ada di depan audiens, cara bicara dan intonasi, serta bagaimana mereka menarik perhatian audiens saat berada di atas panggung. Lalu coba tiru dan adaptasikan dengan gayamu sendiri sesuai dengan situasimu.

  • Perhatikan Tutur Kata dan Bahasa Tubuh

Agar informasi yang kamu sampaikan diterima dengan baik, perhatikan tutur kata dan bahasa tubuhmu. Bicaralah dengan jelas, tidak bergumam, dengan artikulasi yang jelas serta jangan bicara terlalu cepat atau lambat. Jaga kontak mata dengan audiens secara merata, ekspresi wajah juga harus kamu perhatikan agar audiens merasa nyaman. 

Saat kamu gugup, hal itu akan terlihat jelas di body language kamu. Coba tenangkan diri kamu dulu sebelum memulai public speaking. Selain itu, jika kamu tipe orang yang berbicara dengan gerakan tangan juga, pastikan tidak terlalu banyak sehingga tidak mengganggu perhatian audiens pada informasi yang kamu sampaikan. 

Nah, itu dia pembahasan tentang apa itu public speaking, pentingnya skill public speaking untuk karir kamu serta cara meningkatkannya. Belajar public speaking ini tentunya tidak sebentar. Butuh konsistensi, dan latihan yang banyak, tapi pelan-pelan kamu pasti akan berkembang. Sekarang, setelah tahu tips dan triknya, sudah siap untuk belajar public speaking?