Virtual Office: Solusi Modern Kantor Ramah Lingkungan untuk Bisnis
Hybrid Work remote team rental office Virtual office

Virtual Office: Solusi Modern Kantor Ramah Lingkungan untuk Bisnis

by GoWork Team

Maraknya remote working dan hybrid working yang diterapkan oleh banyak bisnis dan perusahaan, semakin populer juga penggunaan virtual office (kantor virtual) sebagai alternatif dari kantor tradisional. Virtual office adalah konsep kerja di mana karyawan dapat bekerja dari lokasi yang berbeda dan tetap terhubung secara digital. 

Perusahaan tersebut tidak terikat pada satu lokasi tertentu, namun tetap bisa terdaftar sebagai perusahaan yang legal. Jadi ketika satu startup daftar virtual office di Jakarta, karyawannya dapat bebas bekerja di mana saja, baik di rumah maupun luar kota seperti Surabaya, Denpasar, Medan, sesuai dengan peraturan yang berlaku di perusahaan tersebut.

Virtual Office Lebih Ramah Lingkungan

Virtual office tidak hanya memberikan fleksibilitas dan efisiensi kerja, tapi juga memiliki dampak positif terhadap lingkungan. Menurut PBB sendiri, 14 dari 17 Sustainable Development Goals mereka dapat ditingkatkan, bahkan diselesaikan melalui kerja secara virtual. Gaya hidup dan bekerja dengan cara yang ramah lingkungan (sustainable) tidak hanya cara berbisnis yang baik. Hal ini juga dapat memengaruhi banyak hal mulai dari sosial ekonomi hingga masalah iklim.

Virtual office juga merupakan salah satu solusi yang dapat diambil untuk perusahaan yang memberlakukan sistem kerja hybrid, dan tidak mewajibkan seluruh karyawan untuk sepenuhnya kerja dari kantor. Apalagi jika kamu tinggal Jakarta dengan tingkat polutan tinggi dan kualitas udara yang (sering) tidak sehat

Yuk lihat alasan lain kenapa virtual office memberikan dampak positif terhadap lingkungan, dan mengapa cocok untuk banyak startup!

Virtual office juga merupakan salah satu solusi yang dapat diambil untuk perusahaan yang memberlakukan sistem kerja hybrid

Pengurangan Emisi Karbon

Salah satu dampak positif yang signifikan adalah pengurangan emisi karbon. Kebutuhan karyawan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum untuk bepergian ke kantor berkurang, sehingga mengurangi emisi gas rumah kaca, seperti karbon dioksida (CO2). Melalui kerja remote atau kerja virtual, satu karyawan dapat menghemat 3,2 metrik ton emisi karbon dan 313 galon bensin dalam setahun! Pengurangan emisi ini secara langsung berkontribusi terhadap upaya global dalam mengatasi perubahan iklim dan memperlambat pemanasan global.

Baca juga: 3 Alasan Utama Virtual Office Cocok untuk Startup

Penghematan Energi

Virtual office juga berdampak positif terhadap penghematan energi. Kantor tradisional biasanya menggunakan banyak energi untuk menerangi ruangan, mengoperasikan peralatan elektronik, dan mempertahankan suhu yang nyaman. Jika perusahaan menggunakan kantor virtual, karyawan dapat bekerja dari rumah atau lokasi lain dengan menggunakan fasilitas yang mereka miliki sendiri. Hal ini mengurangi konsumsi energi yang biasanya terjadi di kantor tradisional. Selain itu, dengan menggunakan teknologi seperti konferensi video dan berbagi dokumen secara digital, virtual office mengurangi kebutuhan akan pencetakan dokumen dan penggunaan kertas, yang pada akhirnya dapat mengurangi penggunaan sumber daya alam.

Pengurangan Sampah

Jika perusahaanmu daftar virtual office, maka kamu berkontribusi dalam mengurangi sampah yang dihasilkan oleh kantor. Di kantor tradisional, seringkali terdapat banyak sampah seperti kertas bekas, kemasan plastik, serta limbah elektronik. Dengan sewa virtual office, kebutuhan akan pencetakan dokumen dan penggunaan kertas berkurang secara signifikan. Selain itu, dengan menggunakan peralatan dan perangkat yang dimiliki oleh masing-masing individu, limbah elektronik juga berkurang.

Kantor virtual memberikan kontribusi dalam upaya global untuk melindungi lingkungan dan mengatasi perubahan iklim | GoWork Sampoerna Strategic Square

Kesimpulannya, memiliki kantor virtual merupakan solusi ramah lingkungan untuk bisnis, terutama untuk startup ataupun bisnis yang sedang berkembang. Melalui pengurangan emisi karbon, penghematan energi, dan pengurangan sampah, kantor virtual memberikan kontribusi dalam upaya global untuk melindungi lingkungan dan mengatasi perubahan iklim. Selain itu, bisnis dan startup juga dapat menghemat biaya operasional dan memberikan fleksibilitas kerja kepada karyawan. Melalui manfaat-manfaat tersebut, tak heran jika semakin banyak bisnis yang beralih ke sewa virtual office sebagai pilihan yang berkelanjutan dan efisien di masa depan.