6 Tips Efektif Komunikasi di Tempat Kerja
Career Skills Hybrid Work Lifestyle office wellbeing Personal Development Self Improvement

6 Tips Efektif Komunikasi di Tempat Kerja

by GoWork Team

Skill komunikasi adalah salah satu aspek terpenting dalam menjalin hubungan yang baik, terutama di tempat kerja. Di kantor, kamu akan bertemu dengan berbagai orang dengan sifat yang berbeda-beda. Di sisi lain, kamu juga harus bisa menjalin hubungan yang baik dengan orang tersebut demi efektivitas pekerjaan. Dengan skill komunikasi yang baik, kinerja tim pun bisa meningkat, konsistensi terjaga, serta lebih terarah.

Selain itu, mampu berkomunikasi dengan baik di tempat kerja juga bisa memberikan berbagai keuntungan. Misalnya memperoleh promosi jabatan, lebih mudah mendapat pekerjaan, dan keuntungan lainnya. Jika kamu orang yang sulit berkomunikasi, jangan khawatir. Cara berkomunikasi di tempat kerja bisa dilatih dengan enam tips berikut ini.

Komunikasi secara langsung dan personal dapat meningkatkan koneksi antar pembicara

1. Menjadi pendengar yang baik

Komunikasi tidak hanya berbicara, tetapi juga mendengar. Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk berkomunikasi dengan baik di tempat kerja adalah membuka lebar-lebar telinga dan dengarkan dengan baik lawan bicara. Meski terdengar mudah, faktanya masih banyak orang yang kesulitan untuk melakukannya.

Menjadi pendengar yang baik akan membuat lawan bicara lebih nyaman ketika berbicara. Kamu akan lebih mudah memahami apa yang lawan bicara katakan. Tidak ada yang ingin berbicara dengan orang yang tidak mendengarkan, bukan?

Untuk melatih kemampuan ini, kamu bisa mulai memperhatikan lawan bicara dengan baik sampai ia selesai berbicara. Kemudian, ajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan topik pembicaraan.

Perhatikan gerakan tubuh saat berkomunikasi dengan lawan bicara

2. Perhatikan bahasa nonverbal

Tidak hanya berbicara dan mendengar, tetapi berkomunikasi juga bisa terlihat dari bahasa tubuh atau bahasa nonverbal. Komunikasi di tempat kerja dapat berjalan dengan baik jika kamu memperhatikan bahasa tubuh yang digunakan, misalnya dengan melakukan kontak mata dengan lawan bicara. Selain itu, hindari membungkukkan tubuh karena kamu akan terlihat tidak percaya diri atau bahkan terkesan malas-malasan.

3. Hormati perbedaan budaya di kantor

Kamu akan bertemu dengan orang dari berbagai suku, budaya, ataupun negara di kantor. Dengan perbedaan ini, miskomunikasi sangat rentan terjadi. Untuk bisa menjalin kerja sama yang baik, kamu harus bisa berkomunikasi dengan baik pula. Usahakan selalu menggunakan bahasa yang sopan serta gestur tubuh yang tidak mengganggu kebudayaan orang lain. Hal ini bisa menjadi salah satu cara menjaga komunikasi yang baik di tempat kerja.

Baca juga: Mengenal Skill Active Listening: Manfaat Dan Cara Meningkatkannya

4. Gunakan kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional merupakan salah satu hal penting yang bisa membentuk komunikasi baik di tempat kerja. Hal ini merujuk pada kemampuan untuk melihat, memahami, serta mengekspresikan dan mengelola emosi. 

Kecerdasan emosional penting dimiliki untuk mencegah potensi konflik di tempat kerja. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk membangun komunikasi yang baik adalah dengan selalu bersikap tenang dan memikirkan dengan matang sebelum berkata-kata atau bertindak.

5. Sampaikan pesan dengan jelas dan efektif

Tips berikutnya untuk komunikasi dengan baik di kantor adalah menyampaikan pesan secara jelas dan efektif. Kamu harus bisa berbicara dengan jelas dan terarah untuk menghindari kesalahpahaman. Selain itu, jika kamu tidak yakin dengan apa yang kamu katakan, maka orang lain cenderung tidak akan mendengarkan. Untuk itu, kamu bisa mencoba tuliskan poin-poin yang ingin kamu katakan sebelum menyampaikan hal-hal penting.

Komunikasi via digital menjadi tren di zaman hybrid working

6. Gunakan media komunikasi yang tepat

Ada beragam cara untuk berkomunikasi di tempat kerja, mulai dari email, pesan teks, konferensi video, ataupun panggilan telepon. Kamu harus pintar menyesuaikan media apa yang cocok dengan pesan yang ingin kamu sampaikan agar pesan bisa tersampaikan dengan efektif.

Misalnya, jika pesan yang ingin disampaikan urgent, media telepon akan lebih efektif. Sebaliknya, jika pesan kamu tidak perlu mendapat jawaban langsung, bertanya via email atau pesan teks bisa menjadi media yang tepat.

Efektivitas komunikasi di tempat kerja juga dipengaruhi oleh ruang kerja dan lingkungan kerjanya. Karenanya, penting untuk menemukan ruang kerja yang baik bagi kamu dan tim. Carilah ruang kerja yang menyediakan perlengkapan lengkap mulai dari internet, tata ruang yang menarik, lounge, serta pantry seperti yang dimiliki GoWork. Langsung saja kunjungi website GoWork dan temukan ruang kerja yang sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari private desk hingga ruang meeting, ada semua di GoWork! Isi form di bawah ini untuk memulai!