Menentukan Denah Rental Office Paling Efisien dan Efektif
GoWork Sewa Kantor Workplace

Menentukan Denah Rental Office Paling Efisien dan Efektif

by GoWork Team

Ruang kerja yang produktif adalah ruang kerja yang nyaman dan efisien. Oleh karena itu, dalam menyusun denah rental office, tata letak fasilitas dan furnitur ruang kerja yang memastikan quality of life anggota tim anda harus diutamakan.

Banyak faktor yang harus dipertimbangkan dalam pengaturan layout ruang kantor. Mulai dari tata letak meja hingga sumber cahaya alami, setiap bagian dari ruang kerja memiliki pengaruh langsung ke kenyamanan dan produktivitas anggota tim Anda.

Selain itu, jangan jadikan keterbatasan ruang di rental office Anda sebagai hambatan, namun manfaatkan semua bagian ruang kantor sewa Anda, termasuk shared area seperti lounge dan pantry untuk membantu efektifitas kerja dan kenyamanan tim.

Berikut adalah beberapa hal penting yang dapat dipertimbangkan sewaktu membuat draft sketsa tata ruang kantor Anda di masa depan.

Denah Rental Office Open vs. Closed

Open dan Closed office sebenarnya sekarang bukan dua pilihan yang saling berlawanan. Dengan berkembangnya skena shared workspace, kini tenaga kerja yang sebagian terdiri dari anggota generasi milenial memiliki preferensi dan pilihan sendiri dalam menentukan cara kerja mereka. Closed office, gambaran denah kantor yang umumnya terkesan kuno dengan penggunaan cubicle kini dianggap sama pentingnya dengan desain Open Office yang mengutamakan kolaborasi.

Baca Juga:

Herman Miller, salah satu produsen furnitur kantor dan ruang kerja di Amerika, karyawan modern memiliki setidaknya 10 mode kerja dalam kegiatan kerja mereka sehari-harinya. Sekarang, bekerja tidak hanya berarti duduk dan memproses data. Beberapa dari 10 mode kerja ini termasuk diskusi, kolaborasi, co-creating, dan waktu fokus.

Oleh karena itu, jika kita terlalu fokus ke salah satu mode kerja tersebut, kita kehilangan kesempatan untuk memberikan kesempatan pada karyawan untuk mencari mode kerja yang paling tepat untuk mereka. Jadi, Open atau Closed? Jawabannya adalah keduanya. Integrasikan desain denah rental office yang paling beragam dan efektif.

rental office di Jakarta

Quality-of-life Anggota Tim Anda

Lebih dari hanya meja dan kursi, denah rental office yang produktif, efisien, dan nyaman, Anda juga harus mempertimbangkan fitur quality-of-life. Mulai dari kursi yang nyaman hingga tersedianya air minum di dekat anggota tim, fitur-fitur ini akan mempengaruhi secara langsung produktivitas kantor Anda.

Hanya menyediakan dispenser air atau snack bar di ruangan kantor tidaklah cukup. Anda harus memastikan bahwa bagian kantor tersebut mudah diraih. Layout kantor yang efektif, menurut Forbes, mengutamakan pemosisian tempat-tempat istirahat karyawan yang umumnya menjadi titik temu mereka. Selain mereka dapat beristirahat sementara di waktu kerja, para karyawan dan anggota tim Anda akan sering berkolaborasi secara spontan, tanpa harus menunggu waktu meeting.

Lebih dari itu, ruang kerja yang nyaman juga memastikan tingkat absensi yang tinggi. Didalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Satu hal yang dapat dilakukan oleh pemilik perusahaan untuk mendorong produktivitas adalah membangun kantor yang nyaman. Jika karyawan Anda nyaman dan sehat, maka mereka juga akan memiliki semangat kerja yang tinggi.

Mengatur Sendiri Denah Rental Office Anda

Seperti yang kita diskusikan di awal, rental office umumnya memiliki ruang yang cenderung terbatas jika Anda ingin me-renovasi ruang kerja Anda secara keseluruhan. Namun, Anda tidak perlu kuatir.

Banyak penyedia rental office yang selain memberikan ruang kerja tertutup (private office), juga memberikan akses ke co-working space mereka atau shared area seperti lounge dan pantry.

GoWork, sebagai penyedia rental office terbesar di Indonesia menyediakan Enterprise Solutions untuk solusi ruang kerja yang fleksibel dan tumbuh bersama tim Anda. Atur ukuran kantor Anda tanpa harus ribet dengan perubahan kontrak. Di GoWork, temukan ruang kerja pintar yang bekerja untuk Anda. Temukan Rental Office pilihan Anda di halaman lokasi kami. Atau, Anda juga dapat mengisi form dibawah agar tim kami dapat mengontak Anda untuk mendiskusikan kantor masa depan Anda!