Baru Naik Jabatan? Inilah 5 Tips Untuk Jadi Leader Yang Baik!
Career Skills Entrepreneurship Personal Development Self Improvement Workplace

Baru Naik Jabatan? Inilah 5 Tips Untuk Jadi Leader Yang Baik!

by GoWork Team

Dalam kehidupan berkarir, ada berbagai kemampuan yang dapat menjadi representasi atas kualitas diri. Salah satu kemampuan yang cukup sering dicari adalah leadership. Seorang leader, atau pemimpin, apapun itu organisasinya, wajib memiliki kemampuan ini untuk memimpin sebuah tim, dalam mencapai sebuah goal. 

Seorang leader mampu memotivasi tim untuk mencapai goal bersama

Kemampuan leadership mencakup banyak hal, seperti cara berkomunikasi, menjalin hubungan dengan orang lain, cara bersikap, dan sebagainya. Pertanyaannya, apakah leadership hanya sekedar istilah untuk memimpin? Apa sajakah kriteria leader yang baik dan bagaimana cara memimpin dengan baik? Agar kamu dapat memahaminya dengan lebih baik, yuk simak penjelasan berikut ini!

Leadership adalah…

Secara harfiah, leadership berarti kepemimpinan, meskipun sering tertukar secara dengan kata “manajemen”, kata leadership memiliki banyak definisi. Dilansir dari Forbes, leadership adalah kemampuan untuk mempengaruhi sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu. Ini termasuk mengelola dan memotivasi tim, agar dapat bersama-sama meraih tujuan. 

Seorang pemimpin sering disalah artikan dengan bos, manajer atau orang yang memiliki jabatan dan pekerja di bawahnya. Berdasarkan artikel HBR, leader yang baik adalah mereka yang berhasil mengelola anggotanya untuk mencapai tujuan tertentu dan mampu melakukannya dalam berbagai keadaan. Mereka dapat memberi pengaruh yang kuat secara sosial meskipun orang tersebut tidak memiliki jabatan tinggi.

Membuat planning yang baik dan strategi yang efektif adalah salah satu kualitas leader yang sering dicari

Contoh Leadership Skill

Seorang pemimpin yang baik dapat menggunakan leadership skill yang dia milik dalam mengelola timnya. Ada beberapa tindakan yang dapat menunjukkan sikap leadership

  • Bertanggung jawab atas aktivitas anggota
  • Memberikan dan mengarahkan dengan visi dan misi yang jelas
  • Dapat menyadari masalah pada anggota tim
  • Meminta pendapat dan umpan balik mengenai program tim
  • Mendengarkan keluhan atau masalah yang dialami tim
  • Memberikan motivasi  

Poin-poin di atas merupakan salah satu contoh leadership. Walaupun begitu, setiap respon dari tindakan tersebut tentunya disesuaikan dengan situasi yang dihadapi.

Baca juga: 6 Tips Efektif Komunikasi di Tempat Kerja

5 Kompetensi Leadership Yang Penting Dimiliki 

Ada banyak cara untuk menjadi pemimpin yang baik. Kabar baiknya lagi, ini juga bisa dilatih sambil kamu memimpin sebuah tim! Inilah 5 kompetensi leadership yang penting dimiliki oleh seorang pemimpin:

Planning

Memiliki planning yang baik dapat menentukan strategi yang paling efektif dan efisien untuk mencapai tujuan jangka panjang. Seorang leader yang baik juga dapat membuat rencana dan menugaskan aktivitas. Hal ini juga termasuk membuat planning yang realistis dan bekerja sama untuk memberikan hasil maksimal dengan penggunaan sumber daya yang optimal.  Selain itu, saat membuat planning, seorang leader juga harus mempertimbangkan secara matang sebuah rencana/strategi, agar eksekusinya berjalan dengan maksimal dan semua anggota timnya paham dengan tugas yang harus dikerjakan.

Decision making

Membuat sebuah keputusan tidaklah mudah, apalagi dalam skala besar. Pemimpin memegang kewenangan dalam mengambil keputusan untuk dirinya sendiri dan untuk tim. Maka itu, seorang leader yang baik dapat melihat berbagai macam pilihan, mengevaluasi alternatif pilihan, serta membuat keputusan terbaik sesuai dengan kriteria dan tujuan yang ingin dicapai. Perlu diingat juga, keputusan tersebut dibuat tanpa adanya bias, secara tenang dan rasional, dengan mempertimbangkan faktor internal dan eksternal.

Influence

Leader yang baik akan mendapatkan dukungan bawahan dalam hal kebijakan dan pengambilan keputusan. Ia juga membuat pengaruh yang baik dan memotivasi bawahan untuk bekerja. Bagaimana caranya? Dengan membangun komunikasi persuasif, menggunakan argumen yang logis dan bukti yang nyata. Selain itu, ia dapat menerima dan mendengarkan feedback dari anggota tim, untuk menginspirasi dan membuat anggota tim merasa dihargai. Leader yang memiliki kemampuan ini akan mudah mengajak orang lain bekerja sama atau berkolaborasi dalam mencapai tujuan kelompok.

Leader yang baik dapat mengambil keputusan terbaik untuk tim dalam meraih tujuan bersama

Change oriented

Dunia akan selalu berkembang. Ini akan mendorong perusahaan untuk selalu berubah mengikuti perkembangan zaman. Seorang leader yang memiliki kemampuan ini mampu memulai dan memfasilitasi perubahan yang diperlukan dalam tim. Kemampuan ini juga dapat dilihat dari fleksibilitas untuk berubah, kemauan untuk belajar, menyediakan ruang untuk terus mencoba, dan kemauan untuk beradaptasi dengan teknologi serta ide baru.

Strong communication

Komunikasi yang kuat memungkinkan seorang leader untuk dapat berbagi dan terbuka dengan orang lain. Hal ini juga penting dalam membangun sebuah tim dengan menciptakan rasa koneksi dan ownership. Dalam sebuah tim, berkomunikasi secara terbuka dapat membangun rasa percaya, menjadi teman satu sama lain, dan menjadi lebih terbuka dan jujur ketika membutuhkan bantuan. 

Kesimpulannya, seorang leader yang baik mampu membawa pengaruh positif terhadap perusahaan. Seorang leader yang mampu melakukan hal tersebut akan dapat mengatur organisasinya dengan baik sehingga produktivitas meningkat. Selain itu, ia juga harus terus konsisten dalam menjalankan tugasnya agar tujuan dapat dicapai dengan maksimal.