Sering Lembur? Normal atau Manajemen Waktu Yang Buruk?
Career Skills Lifestyle office wellbeing Self Improvement

Sering Lembur? Normal atau Manajemen Waktu Yang Buruk?

by GoWork Team

Manajemen waktu adalah soft skill yang penting untuk dimiliki semua orang di dunia kerja. Selain untuk disiplin, manajemen waktu juga penting untuk memastikan semua pekerjaan terselesaikan tepat waktu dengan baik.

Pernah mengalami atau melihat orang lain yang sepertinya sibuk sekali seharian, tetapi yang dikerjakan tidak kunjung selesai? Atau secara progres lambat sekali? Atau kamu sering lupa waktu saat istirahat dan menonton YouTube, tak sadar sudah hampir jam 4 sore dan pekerjaan masih belum ada progres? Mungkin kamu punya masalah di manajemen waktu. 

Apa itu Manajemen Waktu?

Salah satu soft skill yang sangat dibutuhkan dan (anehnya) masih kurang diaplikasikan di dunia kerja oleh profesional muda, adalah manajemen waktu. Ini merupakan soft skill yang diperlukan semua orang, bukan hanya life hacks yang sesekali dilakukan. Dikutip dari Humes (dalam Adebisi, 2013), manajemen waktu merupakan suatu seni mengatur, mengorganisasi, menjadwalkan, serta memanfaatkan waktu secara optimal untuk menghasilkan kerja yang lebih efektif dan produktif. 

Singkatnya, manajemen waktu adalah cara seseorang untuk dapat menyelesaikan tugas tepat waktu atau bahkan lebih cepat. Ini bukan berarti mengurangi kualitas pekerjaan, loh. Ini tentang bagaimana kamu dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk kerja produktif, sehingga pekerjaan bisa selesai tepat waktu. Dengan begitu, tingkat stress dapat menurun dan kualitas kehidupan bekerja akan jadi lebih baik. 

Manfaat Manajemen Waktu

Kalau sudah mengerti pengertian manajemen waktu, sekarang apa sebenarnya manfaatnya dan mengapa skill ini sangat penting untuk dimiliki?

  • Hidup Teratur dan Disiplin

Dengan meluangkan cukup waktu untuk mengatur sistem kerjamu tiap hari, struktur hari kamu akan terlihat lebih jelas. Ada cukup waktu untuk kerja, istirahat, dan mungkin setelah bekerja kamu punya cukup energi untuk melakukan aktivitas lain. Waktu dan energi kamu tidak habis untuk mengatasi chaos saat kamu tidak mampu memanfaatkan waktu dengan baik. 

  • Meningkatkan Produktivitas

Manajemen waktu membuatmu mampu untuk menyelesaikan tugas dengan baik, bahkan mungkin lebih cepat. Setelah itu kamu dapat membuat rencana untuk tugas-tugas selanjutnya. Kamu dapat menghabiskan satu hari dengan produktif, tanpa banyak stress.

  • Mengurangi Stress

Dari sekian banyak manfaat, ini rasanya yang paling penting. Saat kamu stress seperti dikejar-kejar waktu, kualitas pekerjaan jadi tidak maksimal. Ada kemungkinan kamu malah jadi malas untuk mengerjakannya. Jika ada waktu yang cukup untuk istirahat, pikiran juga jauh lebih segar dan jernih, pekerjaan pun tidak terhambat.

Baca Juga:

Tips dan Cara Manajemen Waktu Yang Baik

Setiap manusia memiliki waktu yang sama dalam satu hari. Bagaimana mereka memanfaatkannya serta hasil pekerjaannya juga berbeda. Jika kamu merasa selalu diburu-buru waktu saat mengerjakan sesuatu, coba tips-tips untuk manajemen waktu berikut ini

  • Bagikan Tugas Dengan Baik

Ini dapat dilakukan jika kamu ada dalam posisi team leader atau kamu punya tim kerja. Delegasikan tugas dengan baik kepada tim dengan tenggat waktu yang jelas serta penjelasan yang baik. Dengan begitu, kamu bisa fokus dan optimalkan waktu untuk mengerjakan tugas atau suatu proyek.

  • Prioritaskan Tugas 

Di pagi hari sebelum bekerja, buat sebuah daftar tentang apa saja yang akan kamu lakukan hari ini. Urutannya bisa tergantung dengan deadline, atau tergantung dari mudah atau tidaknya tugas tersebut untuk diselesaikan hari itu juga. Tugas yang sulit, kamu mungkin bisa mencicil sedikit demi sedikit, sehingga progres dapat terlihat.

  • Atur Deadline

Deadline untuk pekerjaan dari atasan memang sudah ada, tetapi sudah pikirkan waktu untuk revisinya nanti? Coba untuk berikan deadline untuk dirimu sendiri, mungkin satu hari sebelumnya. Jadi kamu ada waktu untuk rekap lagi pekerjaanmu dan memastikan sudah sesuai dengan harapan. Jika ternyata selesai lebih cepat, voilà! Kamu punya waktu luang untuk istirahat sebelum pekerjaan berikutnya. 

  • Hindari Multitasking

Kalau kamu berpikir multitasking itu bermanfaat, coba pikir lagi deh. Mengerjakan dua atau banyak hal sekaligus malah membuat kamu tidak fokus, dan membuat kamu lelah sendiri. Energi yang terkuras malah akan membuatmu tidak antusias mengerjakan apapun. Fokus pada satu hal dan jika kamu memang benar-benar stuck, tinggalkan pekerjaan tersebut untuk menyegarkan pikiran.

  • Istirahat Cukup

Ngerti, kadang kamu suka nggak mau istirahat kalau pekerjaan belum selesai. Entah itu karena tanggung, atau ya, memang kamu ingin menyelesaikan sebelum deadline. Istirahatlah ketika waktunya istirahat. Kamu bisa stretching, makan, nonton video, atau jalan-jalan sejenak untuk menyegarkan pikiran. Ketika kembali, pikiranmu akan lebih jernih. Mungkin saja kamu bisa dapat ide baru untuk pekerjaanmu.

  • Belajar Bilang Tidak

Kalau kamu sudah terlalu banyak pekerjaan, menolak pekerjaan itu penting loh! Kamu bisa delegasikan tugas ke orang lain di tim kerja kamu, atau berikan deadline yang lebih panjang. Jadi kamu bisa fokus untuk mengerjakan apa yang ada di hadapanmu.

Sudah siap untuk #UnlockPotential dengan seluruh waktu yang kamu gunakan dengan baik? Bulan ini, GoWork is all about self-improvement dan personal development untuk kualitas bekerja yang lebih baik. Jika skill manajemen waktu sudah kamu dapatkan, yuk coba cari ruang kerja yang dapat mendukung fokus dan kualitas kerja yang baik di GoWork Coworking Space.