Apa itu Coworking Space dan Keuntungan di balik konsep
coworking

Apa itu Coworking Space dan Keuntungan di balik konsep

by GoWork Team

Coworking space adalah istilah yang kini sangat mudah didengar di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan sebagainya. Namun apa makna sebenarnya dari kata coworking space?

Coworking Space sejatinya merupakan istilah serapan dari bahasa Inggris, Coworking dan Space. Coworking (Co-working) sendiri memiliki makna sebagai pekerjaan yang dilakukan bersama-sama, baik oleh rekan tim satu perusahaan, atau diluar perusahaan.

Sedangkan Space berati area, tempat atau lokasi. Maka jika kita terjemahkan secara harfiah, Coworking Space bisa diterjemahkan sebagai sebuah area terbuka yang dimanfaatkan oleh para pekerja dengan gaya komunal/modern. Biasanya tempat-tempat yang sering digunakan untuk area coworking ini identik dengan sebuah meja panjang dan kursi yang nyaman (dalam hal pencahayaan yang cukup, kenyamanan duduk, dan lain hal).

coworking space di Jakarta

Keuntungan dibalik budaya/konsep Coworking Space yang ada saat ini

Budaya coworking ini muncul sebagai bentuk transformasi gaya kerja, teknologi, dan kebudayaan disebuah area (daerah/kota). Karena perkembangan teknologi, saat ini pekerja kantoran sangat jarang bekerja menggunakan PC di meja kerjanya, tapi lebih banyak menggunakan Laptop/netbook.

Laptop dinilai lebih flexibel dari segi perawatan, ekonomis dari harganya, dan yang jelas mudah dibawa kemana-mana, namun tetap bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan kerja.

Flexibilitas ini yang kemudian mengubah habit seorang pekerja, dia bisa membawa pekerjaannya kemanapun tanpa harus berada di kantor. Mereka bisa berada di kedai kopi untuk sekedar menyelesaikan laporan setelah meeting dengan rekan kerja diluar, atau menghilangkan kantuk karena terlalu bosan berada di dalam kubikel kantor.

Karena berubahnya habit atau gaya kerja tersebut, konsep coworking space kemudian muncul. Dimana orang dari berbagai macam bidang bekerja dalam satu meja/area, menciptakan budaya saling kolaborasi dalam mendukung kesuksesan pekerjaan mereka masing-masing.

coworking space jabodetabek

Coworking Space dilengkapi fasilitas penunjang yang khusus mendokrak produktifitas

Selain karena adanya peluang menemukan kolaborasi, lingkungan kerja di coworking space menjadi lebih produktif dengan tersedianya fasilitas-fasilitas pendukung guna mendukung suasana kerjanya.

Ruangan dengan pencahayaan yang cukup, design interior yang menginspirasi, akses internet berkecepatan tinggi, hingga musik yang diputar melalui pengeras suara sekeliling area kerja menjadi fasilitas pendukung lain yang membuat coworking space sebagai tempat yang sesuai dalam melepas kepenatan yang selama ini muncul akibat budaya kerja tradisional.

Pada akhirnya, kondisi sarana, suasana pendukung, dan lingkungan yang memang dirancang untuk mendukung segala macam produktifitas itu menjadikan coworking space sebagai solusi untuk meningkatkan produktifitas kerja tiap individunya.